Mengenal Material Homogenous Tile

Lantai Homogenous Tile
Rumahmaterial.com - Penutup lantai merupakan salah satu komponen pekerjaan arsitektur yang sangat berpengaruh terhadap estetika atau keindahan suatu ruangan dan biaya total pekerjaan arsitektur secara keseluruhan. Salah satu jenis penutup lantai yang sering digunakan adalah homogenous tile.

Apa itu homogenous tile? 

Kita mungkin pernah dengar merek penutup lantai seperti : Granito, Niro Granite, Essenza, Venus, Monalisa, Indogress dan banyak lagi yang lain, itu adalah merek-merek produk homogenous tile yang ada di pasaran.

Homogenous tile yang sering juga disebut granite tile adalah  material penutup lantai dan dinding yang terbuat dari bahan-bahan seperti tanah liat, silika, dan kaolin yang dicampur menjadi satu sehingga homogen.

Karena itu pada potongan material homogenous tile hanya nampak satu material yang sama dari permukaan atas sampai permukaan bawah. 

Tidak seperti keramik tile yang akan terlihat 2 lapisan pada potongan materialnya yaitu bagian tanah liatnya dan lapisan glazur pada permukaan atasnya.

Material homogenous tile dibakar dengan suhu tinggi sampai 1200’C sehingga menghasilkan material dengan kekuatan yang tinggi.

Homogenous tile secara umum terbagi berdasarkan corak/motifnya dan berdasarkan jenis permukaannya. Berdasarkan corak / motifnya homogenous tile terbagi menjadi tipe polos (tanpa motif), motif kayu, motif batu alam (stone), motif marmer dan granit, serta motif artistik.

Sedangkan  Berdasarkan jenis permukaannya maka homogenous tile terbagi menjadi tipe polished (permukaan halus) untuk area interior dan unpolished (permukaan kasar) untuk area basah atau eksterior / luar bangunan.

Apa keunggulan penggunaan material homogenous tile?

Keunggulan penggunaan homogenous tile sebagai penutup lantai jika dibandingkan dengan keramik tile biasa antara lain :
  1. Material Homogenous tile memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan material keramik tile.
  2. Homogenous tile memiliki tampilan yang mewah dan tersedia dalam berbagai macam motif dan warna.
  3. Homogenous tile tersedia dalam bermacam-macam ukuran dari 40 x 40 cm, 60 x 60 cm, 80 x 80 cm, 100 x 100 cm, sampai 120 x 120 cm.

Berapa harga material homogenous tile?

Saat ini harga homogenous tile ukuran standar 40 x 40 cm dan 60 x 60 cm berkisar antara Rp. 150.000,- / m2 sampai Rp. 600.000,- / m2. Harga homogenous tile dipengaruhi oleh beberapa hal seperti merek produk, mutu bahan, dan ukurannya.

Apa saja faktor biaya pekerjaan lantai homogenous tile?

Secara umum biaya pekerjaan lantai homogenous tile dipengaruhi oleh harga material, biaya upah kerja, dan alat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Faktor Biaya Pekerjaan Pasangan Keramik dan Homogenous Tile Lantai.

Sedangkan untuk menghitung kebutuhan material yang diperlukan Anda dapat menggunakan Kalkulator Material Online Untuk Pekerjaan Lantai Keramik / Homogenous tile.  


Demikian sedikit ulasan mengenail material penutup lantai homogenous tile, Semoga bermanfaat...!

sumber gambar : http://granito.co.id

Posting Komentar untuk "Mengenal Material Homogenous Tile"